Kamis, 31 Januari 2013

Situ Wanayasa Purwakarta


Situ Wanayasa terletak di Desa Wanayasa, sekitar 23 km dari Purwakarta atau 83 km dari Bandung. Berada di jalur wisata Purwakarta-Wanayasa-Jalan Cagak (Subang)-Bandung. Jadi jika pengunjung yang dari Jakarta dan ingin merasakan sensasi lain perjalanan ke Bandung sangat tepat bila memilih melalui jalur ini. Selain bisa mengunjungi Situ Wanayasa, perjalanan akan menjadi mengasyikkan karena mendapati udara yang sejuk serta pemandangan alam yang menakjubkan berupa bukit-bukit hijau, perkebunan teh, perkebunan sawit, dan hamparan sawah yang luas tersaji dengan sempurna.


Situ Wanayasa memiliki luas sekitar 7 hektar dan berada di ketinggian sekitar 600 meter dari permukaan laut dengan temperatur udara rata-rata berkisar antara 17-20 derajat Celcius. Letaknya yang sangat strategis yakni antara Tangkuban Perahu dan Ciater menjadikan wahana wisata ini dikembangkan untuk rekreasi air berupa pemancingan, sepeda air, perahu dayung, restoran terapung, dan sebagainya. Di lingkungan sekitarnya yang dapat dikembangkan antara lain seperti home stay, guest house, rumah makan, taman rekreasi, usaha cinderamata, hiking, arena melukis, menggambar, horse riding, jogging, sarana outbound, dan wisata pendidikan, seperti cara bertani manggis dan lainnya.
Uniknya, di tengah-tengah situ terdapat pulau kecil yang ditumbuhi pohon-pohon pinus sehingga menambah kecantikan alam Wanayasa ini. Pulau kecil nan cantik ini rupanya menyimpan sejarah bagi daerah setempat, yakni di dalamnya terdapat makam seorang pendiri Purwakarta, R.A. Suriawinata. Beruntung, di sekeliling situ terdapat pedestrian yang tertata apik. Warga sekitar biasanya menggunakan pedestrian sebagai jogging track. Tidak heran bila setiap pagi akhir pekan lokasi ini selalu dipenuhi oleh warga yang sedang berolahraga.
Apabila perut terasa lapar, mampirlah ke warung Sate Maranggi khas Purwakarta yang terkenal akan citarasanya yang asam, manis, dan pedas. Seringkali warung ini dikunjungi oleh pengunjung Situ maupun orang-orang yang hanya sekadar melewati jalur Purwakarta. Warung ini laris lantaran sate maranggi merupakan khas Purwakarta yang wajib dicicipi dan pula karena rasanya yang istimewa.
Sumber          :http://travel.detik.com/
Photo            : http://bandung.panduanwisata.com

Ditulis Oleh : Unknown ~ Sebagai Admin Blog Herangmata

HarySukaSuka Sobat sedang membaca artikel tentang Situ Wanayasa Purwakarta.Terimakasih Telah Berkunjung di Blog Herangmata, Kritik dan Saran Yang Membangun Sangat di Perlukan Agar Content dan Tampilan Blog ini Menjadi Baik.

:: Get this widget ! ::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar