Kamis, 27 Juni 2013

Dodol Garut


Anda Mungkin sudah mengenal dengan Coklat dari Swiss dengan merk ternama. Namun pernahkah Anda mendengar olahan coklat dengan nama Chocodot. Apa ini merek Coklat dari luar negeri ? Oh bukan ini asli buatan dari dalam negeri, tepatnya buah tangan dari Garut, Jawa Barat.

Bahkan ada sebutan, kalau Bandung kita kenal dengan sebutan paris van java, begitu juga dengan Garut orang-orang sering menyebutnya dengan sebutan swiss van java. Kenapa di sebut demikian karena Garut termasuk area yang di kelilingi oleh gunung-gunung yang sangat sejuk di pandang mata seperti halnya keadaan topografis di negara Swiss yang memiliki banyak areal pegunungan.

Tetapi dalam perkembangannya ternyata dunia kuliner di Garut melalui banyak sekali perkembangan, ini terbukti dengan munculnya jenis makanan baru yang dinamakan Chocodot (dibaca: cokodot.)  singkatan dari Chocolate with dodol Garut. jenis makanan ini muncul dari ide brilian seorang ahli kuliner asli putra Garut yang bernama Kiki Gumelar. Beliau membuat terobosan baru dengan dasar pemikiran ingin membuat jenis makanan baru tanpa harus meninggalkan tradisi makanan khas Garut (dodol) , maka terciptalah Chocodot. Pada dasarnya bahan yang di gunakan terdiri dari dua jenis coklat, yaitu dark chocolate dan white milk chocolate kemudian secara garis besar bahan coklat ini di kombinasi dengan bahan dodol asli Garut.

Chocodot dikemas dengan menarik dan modern dibungkus denga berbagai variasi dari bingkisan, batangan dan bentuk seprti parsel lebaran. Selain itu Chocodot memiliki variasi edisi/jenis Chocodot, yaitu:
Chocodot Gunung Papandayan, Gunung Cikuray, Gunung Guntur, Gunung Haruman, Gunung Talaga Bodas, Cipanas, dan Candi Cangkuang.

Lokasi:
Koordinat : 7° 11' 11" S, 107° 53' 13" E
Telepon:
Email:
Internet: http://chocodot.blogspot.com
Arah:
Fasilitas:
Jam Buka:
Tutup:
Tiket:  
Informasi Lebih Lanjut:
"Saung Cokelat" JL.Babakan Salaawi No.25 Cipanas Tarogong Garut Jawa Barat 0262-9176767
*Waroeng Cokelat Intan* JL. Otista No.72A Tarogong Garut Jawa Barat 0262-9126767
*Opening Soon : d'Jieun Tjokelat* JL Otista No 2 Pasawahan Tarogong Garut Jawa Barat 0262-9239090/081809149090

Sumber : disparbud.jabarprov.go.id

Ditulis Oleh : Unknown ~ Sebagai Admin Blog Herangmata

HarySukaSuka Sobat sedang membaca artikel tentang Dodol Garut.Terimakasih Telah Berkunjung di Blog Herangmata, Kritik dan Saran Yang Membangun Sangat di Perlukan Agar Content dan Tampilan Blog ini Menjadi Baik.

:: Get this widget ! ::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar