Sabtu, 07 Agustus 2010

Membangun Blog



            Kalau kita membaca judul di atas lalu alam pikiran anda menganalogikan dengan membangun sebuah rumah, apartemen, hotel, atau gedung aaaapa saja tentu tidak salah. Lalu mengapa saya pilih kata membangun dan bukan membuat,, hehe sabar bro,,santai aja bacanya,,,kalau saya pilih kata  MEMBUAT BLOG bagi orang yang sudah biasa mengoperasikan computer dan sering berselancar di dunia maya,, tapiii bukan luna maya hehehe,,serius amat,,jangan buru-buru,,karena saya ngetik pun sambil minum kopi,,mau?,,cause ini bukan karangan ilmiah hehehe eh ganti.. huhuhu,,pinjam spot mas tukul ah,,KEMBALI KE LAP TOP,. Nah sekarang baru serius,,. Orang yang sudah biasa mengoperasikan computer dan sering berselancar di internet, membuat blog bukanlah perkara yang salut eh sulit,,tapi kalau untuk membangun sebuah blog,,seperti halnya seorang insinyur akan membuat sebuah apartemen.
Membutuhkan perencanaan yang matang mulai dari desain eksterior, interior, ketahanan terhadap gempa sampai pada tahap pemasaran, apalagi kalau pemasarannya ingin bagus sang pemilik nodal harus menyewa jasa konsultan adrvertising eh apaan tuh,,? Au ah gelap. Ga usah panjang lebar ah intronya hehehe kaya lagu aja pake intro maksudnya prolog, kesimpulannya adalah, membuat blog itu mudah,, tapi membangun sebuah blog yang betul-betul publisher, yang setiap harinya di kunjungi ratusan bahkan ribuan orang, tentu bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan semangat, kesabaran, keuletan, keseriusan dan rasa cinta akan pekerjaan (membangun blog) yang kita lakukan.

            Pada saat tulisan ini saya buat saya adalah blogger pemula, karena saya menekuni dunia blogger dua bulan kurang sedikit dan uang yang saya habiskan untuk membuat blog dengan segala tetek bengeknya yang masih amburadul karena guru saya adalah paman Google sudah mencapai satu juta, dan saya tidak eh belum menghasilkan uang dari blog ini,,tapi gak apa-apa sbar saja mask arena orientasi pertama membuat blog ini bukanlah uang, tapi bagaimana caranya agar blog yang kita buat bisa kita bangun sehingga sampai pada saatnya blog kita ramai dikunjungi orang maka untuk menghasilkan uang dari blog bukanlah perkara yang sulit, seperti halnya di dunia bloggosphere ada nama-nama beken Cosa Aranda, Isnaini, Toni Jauhari dan Eko Nurhuda dan masih banyak lagi.
            Kalau anda membaca tulisan saya sampai pada paragraph ini tentu kalau anda mengeryitkan dahi  dan berkata  BELUM SUKSES KOQ SEGALA NASEHATIN  ORANG, tepat sekali itu tidak salah, hehehe tenang aja brooo santai saja,,kalau orang Sunda bilang,  apa yang saya lakukan ini adalah “lain mapatahan ngojay ka meri”. Maksudnya “bukan mengajarkan bebek berenang, karena saya percaya bahwa anda-anda pasti lebih tahu dunia blogger dari pada saya, tapi ini hanya sekedar sharing, namun juga bukan untuk melemahkan semangat para blogger pemula seperti saya yang ingin cepat-cepat menghasilkan uang dari blognya. Mendesain blog atau web adalah cita-cita saya kalau saya tidak keburu bosan menekuni dunia blog, tapi untuk saat ini cita-cita saya itu masih jauh dari harapan karena saya membuat blog tidak berangkat dari dunia akademis yang memang menekuni atau memberikan pelajaran tentang segala macam yang berbau internet atau web desain tapi hanya sebatas pelajaran dari paman Google yang saya buka melalui para pemilik blog senior, dengan kata lain  mulai dari mengoperasikan computer, mempelajari photoshop sampai berselancar di dunia maya tidak melalui pendidikan formal OTODIDAK brother, dan sedikit Tanya ini itu dari orang yang sudah berpengalaman.
            Dengan modal sebuah computer dan HP GSM yang saya jadikan modem walaupun koneksinya sangat lambat. Kesabaran merupakan hal yang harus saya hadapi setiap saya berselancar di internet karena koneksi yang lambat itu tadi, belum lagi kesabaran pada hal lain yang memang menjadi substansi bagi orang yang ingin membangun blog. Bidang yang saya sukai adalah menggambar, dan saya juga suka mengutak-atik adobe-photoshop, sehingga hamper setiap hari blog saya gonta-ganti templetnya sebagai bahan eksperimen dan mempelajari setiap detil dari template yang berbeda, dan hasilnya walaupun hanya sebatas kulitnya saja saya jadi tahu sedikit tentang html,xhtml,css,javascript dan php
      Kalau kita berbicara ilmu pengetahuan atau apa saja apalagi yang sifatnya akademis tentu si pembicara adalah seorang pakar atau setidak-tidaknya menguasai persoalan yang dia kelola. Lalu pertanyaannya bagaimana dengan saya sebagai seorang penulis yang tidak menguasai persoalan atau ilmu pengetahuan yang sedang di bahas, tentu saja ini akan menimbulkan sikap sinisme di benak pembaca, dan sikap itu tentu saja wajar dan bisa dimengerti oleh saya, tapi apa yang saya lakukan ini semata-mata adalah untuk berbagi/sharing dengan pembaca khususnya para blogger pemula bahwa tidak ada kesuksesan yang datang begitu saja secara tiba-tiba dari langit,tidak ada seorang manusia pun yang begitu lahir lalu pandai matematika,kimia,fisika dan sebagainya semuanya butuh proses, dan sekali lagi saya jelaskan bahwa saya menulis disini bukan untuk mengurangi semangat para blogger pemula atau menimbulkan rasa pesimistis, tetapi hanya untuk membuktikan bahwa kesuksesan itu hanya bisa diraih apabila kita sungguh-sungguh dalam menjalani pekerjaan dan postingan ini saya dedikasikan terutama bagi mereka yang menyukai tantangan.
Di tengah ratusan bahkan ribuan blog yang ada di Indonesia persaingan untuk menjadikan atau membangun blog yang ramai di kunjungi tentu bukanlah pekerjaan semudah membalikan telapak tangan, apalagi oleh blogger pemula seperti saya yang minim pendidikan akademisi dan kurang pengetahuan tentang dunia internet khususnya blog. Setiap detik, setiap menit, setiap jam, setiap ada pengetahuan baru tentang blog harus saya pelajari dengan susah payah, pekerjaan menghapal dan mempelajari kode-kode html,css,java script dan lain-lain tentu akan sangat mudah bagi mereka terutama para kaula muda yang berotak brilian dan mempunyai basic atau latar belakang akademik yang mumpuni. Tentu tidak semua blogger harus mempelajari kode html dan lain-lain. Pengetahuan tentang kode html hanyalah salah satu sisi dari sekian banyak ilmu yang ada di dunia maya., tidak relefan rasanya bagi saya yang bukan seorang pakar tapi membahas tentang html.
Kalau kita kembali membicarakan masalah MEMBANGUN BLOG, sudah banyak referensi buku-buku atau ebook yang menjelaskan bagaimana seseorang bisa sukses menjalani pekerjaan atau bisnis internet khususnya di bidang blog. Kalau di antara anda pernah membaca buku-buku yang di tulis oleh Eko Nurhuda,Isnaini,Agus Ramadhani, Cosa Aranda bahkan Doug Cloud, Darren Rowse, John Chow dan Jeff Bezos, esensi atau substansi yang paling penting untuk menjadi sukses adalah bahwa kesuksesan yang mereka raih TIDAK SEMUDAH MEMBALIKAN TELAPAK TANGAN.
      Cerutu eh ceritanya masih panjang nih, tapi berhubung udah cape sampai di sini dulu aja ya,,hehe,,siapa tahu pada saat tulisan ini mencapai ending, andalah yang terlebih dulu sukses di dunia blogger…ssssssttt.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Sebagai Admin Blog Herangmata

HarySukaSuka Sobat sedang membaca artikel tentang Membangun Blog.Terimakasih Telah Berkunjung di Blog Herangmata, Kritik dan Saran Yang Membangun Sangat di Perlukan Agar Content dan Tampilan Blog ini Menjadi Baik.

:: Get this widget ! ::

17 komentar:

  1. Ah itu kan hanya masalah suku kata, pd kenyataanya sama saja membuat n membangun..hehe

    BalasHapus
  2. Ari membangun mah rumah,,ari membuat mah ngalaan pare tea di sawah gning hehehe...

    BalasHapus
  3. Bangun tidur,,,tidur lagi,,banguuuun,,tidur lagi..

    BalasHapus
  4. Pinjam buku html sm javascript,,klo ada skalian buku VB,,hehe mo bli maHHal..wkwkwk

    BalasHapus
  5. Kalo membuat mh gampang gan,,yg susah mh membangun,,bukan hanya semangat,,tapi danaaa alias doku hehe..:'(:-(

    BalasHapus
  6. Biar gratisan yg pnting rame gan,trutama bwt kmnitas kita,,buat apa nama domain+hosting sendiri, tapi ga ada pengunjung,, emang yg baca malaikat??:'(:'(:'(

    BalasHapus
  7. Sssttt,,jgn ngomong2 bangun,,ntar kdngran mbah surip bs gawat..:@B-):-*

    BalasHapus
  8. Pemgumuman bwt blogger bungursari,,sehabis lebaran akan d adakan susunan kpengurusan kmntas blogger bgrsari,yg nntinya akan berafiliasi ke kmntas PPC,yg akan d tentukan arahnya stlh rapat...

    BalasHapus
  9. Tong dkt teuing lebaran uy...

    BalasHapus
  10. Tong lami teuing ath bersambungna,,geura posting deui,,meni nyeri bheung so2nggeteun wkwkwk..

    BalasHapus
  11. Cobi tingal situs media indonesia,,tah hoyong kitu variasi runing teks na...

    BalasHapus
  12. Postingan selanjutnya sbr aja,,ana masih sibuk gan

    BalasHapus
  13. Untuk rapat kmnitas blogger,,kita matangkan n lakukan pendalaman setelah lebaran,,tp wktnya blm d tentukan..

    BalasHapus
  14. Variasi runingteks kita belajar sama2 gan...makanya kita bikin komunitas..hehe

    BalasHapus