Sabtu, 20 April 2013

Makam Tjut Nya Dien


Tjut Nya Dien adalah tokoh nasional pejruangan rakyat Aceh yang menentang kolonialisme yang dilakukan oleh Belanda di Indonesia. Akibat dari peranannya tersebut, setelah beliau ditangkap menghadapi resiko berupa pembuangan dan pengasingan di Sumedang. Beliau akhirnya menetap di Sumedang dan setelah meninggal dimakamkan di Sumedang pula. Selama pengasingan, beliau menempati rumah panggung berdinding bilik yang terletak di Jalan Pangeran Aria Suriatmaja. Beliau menghabiskan akhir hidupnya selama 3 tahun (1905 – 1908) di rumah ini.
Makam Tjut Nya Dien terletak di bagian barat bukit kecil di bagian tenggara Kota Sumedang. Bukit tersebut adalah Gunung Puyuh yang difungsikan sebagai kompleks pemakaman bagi para bupati keturunan Prabu Geusan Ulun dan keluarganya. Lokasi makam terletak di sisi jalan raya beraspal sehingga sangat mudah dijangkau dengan berbagai kendaraan. Pada bagian timur makam terdapat tempat parkir.
Pada bagian timur kompleks makam terdapat ruas jalan dan areal persawahan di seberang jalan. Sebelah selatan makam tedapat pemukiman dan persawahan. Sebelah barat masih berupa persawahan. Sementara pada sisi utara terdadapat pemukiman. Secara astronomis terletak pada koordinat 6º51’48” LS dan 107º54’60” BT.
Makam Tjut Nya Dien dapat dicapai setelah melewati kompleks pemakaman para bupati dan keluarga keturunan Prabu Geusan Ulun yang terbagi menjadi beberapa blok. Kompleks makam dikelilingi oleh pagar keliling dengan pintu terletak pada sisi timur. Setelah melewati beberapa blok sampailah di makam  Tjut Nya Dien.  Makam tersebut dibatasi oleh pagar keliling dan pintu terdapat pada sisi timurnya. Makam Tjut Nya Dien berorientasi utara selatan ditandai adanya jirat dan nisan serta dilengkapi dengan bangunan cungkup tanpa dinding.
 
Lokasi:  Gunung Puyuh, Kota Sumedang
Koordinat : 6° 51' 29" S, 107° 54' 36" E
Telepon: -
Email: -
Internet: -
Arah:  -
Fasilitas: -
Jam Buka: -
Tutup: -
Tiket: -
Informasi Lebih Lanjut: -
 
Sumber :  disparbud.jabarprov.go.id


Ditulis Oleh : Unknown ~ Sebagai Admin Blog Herangmata

HarySukaSuka Sobat sedang membaca artikel tentang Makam Tjut Nya Dien.Terimakasih Telah Berkunjung di Blog Herangmata, Kritik dan Saran Yang Membangun Sangat di Perlukan Agar Content dan Tampilan Blog ini Menjadi Baik.

:: Get this widget ! ::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar